• Posted by : Robbi Syahputra 14 Feb 2014

    Karya Lukisan Hendra Gunawan
    Perempuan dan Rajungan Karya Lukisan Hendra Gunawan
    Karya Lukisan yang berjudul Perempuan dan Rajungan diatas adalah salah satu dari Sekian banyak Karya Lukisan Hendra Gunawan. Hendra Gunawan sendiri dikenal sebagai salah satu maestro Pelukis Indonesia pada jaman pendudukan Jepan, dan dia banyak belajar dari Pelukis Besar Expresionis Affandi.

    Biografi :

    Hendra Gunawan Dilahirkan pada tanggal 11 Juni 1918 di kota Bandung, Jawa Barat dan Wafat di Denpasar Bali pada tanggal 17 bulan Juli tahun 1983. Hendra Gunawan lebih dikenal sebagai seorang pelukis, namun dia juga merupakan seniman penyair, pematung dan juga pejuang gerilya. Selama masa mudanya ia bergabung dengan tentara pelajar dan merupakan anggota aktif dari Poetera (Pusat Tenaga Rakyat) dan organisasi yang dipimpin oleh Sukarno dan lain-lain. Ia juga aktif dalam Persagi (Asosiasi Pelukis Indonesia, sebuah organisasi yang didirikan oleh S. Soedjojono dan Agus Djaya pada tahun 1938.

    Perjalanan Karier :

    Dalam kehidupan Hendra Gunawan cukup beruntung karena dia sempat masuk sekolah dan belajar melukis pada Wahdi, seorang pelukis pemandangan. Dari Wahdi, ia banyak menggali pengetahuan tentang melukis. Kegiatannya bukan hanya melukis semata, tetapi pada waktu senggang ia menceburkan diri pada grup sandiwara Sunda sebagai pelukis dekor. Dari pengalaman itulah, ia mengasah kemampuannya.
    Pertemuannya dengan Affandi merupakan fase dan sumber inspirasi jalan hidupnya untuk menjadi seorang pelukis. Dengan didasari niat yang tulus dan besar, ia memberanikan diri melangkah maju. Bermodalkan pensil, kertas, kanvas dan cat ia mulai berkarya. Komunitas dari pergaulannya ikut mendukung dan terus mendorongnya untuk berkembang. Keberaniannya terlihat ketika ia membentuk Sanggar Pusaka Sunda pada tahun 1940-an bersama pelukis Bandung dan pernah beberapa kali mengadakan pameran bersama.
    Revolusipun pecah, Hendra ikut berjuang. Baginya antara melukis dan berjuang sama pentingnya. Pengalamannya di front perjuangan banyak memberi inspirasi baginya. Dari sinilah lahir karya-karya lukisan Hendra yang revolusioner. Lukisan “Pengantin Revolusi”, disebut-sebut sebagai karya empu dengan ukuran kanvas yang besar, tematik yang menarik dan warna yang menggugah semangat juang. Nuansa kerakyatan menjadi fokus dalam pemaparan lukisannya.

    Akhir Hayat :

    Selain aktif dalam kegiatan melukis, Hendra Gunawan juga aktif dalam kegiatan seni rupa yang lain seperti seni patung. Salah satu karya Seni Patung Hendra Gunawan yang masih bisa dijumpai saat ini jika kita berkunjung ke kota Yogyakarta. Di halaman gedung kantor DPRD Yogyakarta, berdiri sebuah patung batu Jendral Sudirman yang merupakan hasil pahatan dari Hendra Gunawan.

    Pelukis yang merupakan sahabat dekat penyair terkenal Indonesia Chairil Anwar ini lebih memilih Bali sebagai tempatnya menghabiskan waktu usai menjalani masa penahanan. Karena, Bali merupakan tempat para seniman besar yang sudah banyak dikenal sepereti Umbu Landu Paranggi, seorang penyair asal Sumba yang juga berdiam di Bali. Umbu sangat menghormati Hendra Gunawan, sebab selain kemampuannya di bidang seni rupa, Hendra Gunawan ternyata juga mempunyai kemampuan dibidang sastra, terbukti dengan karya-karya puisi yang telah diciptakannya.

    Karya terakhir Hendra Gunawan adalah lukisan tentang tenggelamnya kapal Tampomas. Namun, di tangan Hendra Gunawan, kisah tentang kapal itu digambarkannya dengan potret diri yang diserbu oleh ribuan ikan. Namun, hingga akhir hayatnya lukisan tersebut tidak sempat diselesaikannya sebab Hendra Gunawan yang usianya mulai merambat senja harus meninggalkan dunia sebelum lukisan itu berhasil diselesaikan.
    Hendra Gunawan kemudian menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 17 Juli 1983 di Rumah Sakit Umum Sanglah, Denpasar, Bali. Pemakaman Muslimin Gang Kuburan di Jalan A. Yani, Purwakarta menjadi tempat peristirahatan salah satu pelukis maestro Indonesia ini.

    Karya Lukisan Hendra Gunawan :

    Dibawah ini beberapa karya lukisan dan sketsa yang telah diciptkan oleh pelukis Hendra Gunawan.



    Karya Lukisan Hendra Gunawan
    Bisikan Iblis Karya Lukisan Hendra Gunawan
    Karya Sketsa Hendra Gunawan
    Sketsa Karya Hendra Gunawan

    Karya Lukisan Hendra Gunawan
    Perempuan Menjual Ayam karya lukisan Hendra Gunawan

    Karya Lukisan Hendra Gunawan
    Pasar dipinggir laut karya lukisan hendra gunawan

    Karya Lukisan Hendra Gunawan
    Jual Beli dipasar karya lukisan hendra gunawan

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Unbreakable Machine Doll - Harajuku Shina - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan