• Posted by : Robbi Syahputra 14 Feb 2014

    Motif Tana Toraja
    Ragam Motif Tana Toraja
    Setiap ukiran dan motif pada ragam hias Tana Toraja atau Tator memiliki nama dan makna khusus. Motifnya biasanya adalah hewan dan tanaman yang melambangkan kebajikan, contohnya tanaman air seperti gulma air dan hewan seperti kepiting dan kecebong yang melambangkan kesuburan. Gambar kiri memperlihatkan contoh ukiran kayu Toraja, terdiri atas 15 panel persegi. Panel tengah bawah melambangkan kerbau atau kekayaan, sebagai harapan agar suatu keluarga memperoleh banyak kerbau. Panel tengah melambangkan simpul dan kotak, sebuah harapan agar semua keturunan keluarga akan bahagia dan hidup dalam kedamaian, seperti barang-barang yang tersimpan dalam sebuah kotak. Kotak bagian kiri atas dan kanan atas melambangkan hewan air, menunjukkan kebutuhan untuk bergerak cepat dan bekerja keras, seperti hewan yang bergerak di permukaan air. Hal Ini juga menunjukkan adanya kebutuhan akan keahlian tertentu untuk menghasilkan hasil yang baik.

    Keteraturan dan ketertiban merupakan ciri umum dalam ukiran kayu Toraja, selain itu ukiran kayu Toraja juga abstrak dan geometris. Alam sering digunakan sebagai dasar dari ornamen Toraja, karena alam penuh dengan abstraksi dan geometri yang teratur. Ornamen Toraja dipelajari dalam ethnomatematika dengan tujuan mengungkap struktur matematikanya meskipun suku Toraja membuat ukiran ini hanya berdasarkan taksiran mereka sendiri. Suku Toraja menggunakan bambu untuk membuat oranamen geometris.

    Nama dan Makna Ragam Motif Toraja

    Ukiran Toraja adalah kesenian ukir Melayu khas suku bangsa Toraja di Sulawesi Selatan. Ukiran ini dicetak menggunakan alat ukir khusus di atas sebuah papan kayu, tiang rumah adat, jendela, atau pintu. Motif ukiran Toraja bermacam-macam, antara lain cerita rakyat, benda di langit, binatang yang disakralkan, peralatan rumah tangga, atau tumbuh-tumbuhan. Nama dan Makna Motif  Toraja dapat kami uraikan antara lain:

    Neq Limbongan

    Motif Tator "Neq Limbongan"
    Orang Toraja meyakini bahwa nama ini diambil dari nama leluhur mereka yakni Limbongan yang diperkirakan hidup pada 3000 tahun yang lalu. Sedangkan neq berarti “danau”. Dalam pengertian orang Toraja, limbongan berarti sumber mata air yang tidak pernah kering sehingga menjadi sumber kehidupan. Oleh karena itu, motif ukiran ini berbentuk aliran air yang memutar dengan panah di keempat arah mata angin. Motif ini memiliki makna bahwa rejeki akan datang dari 4 penjuru bagaikan mata air yang bersatu dalam danau dan memberi kebahagiaan.

    Paqbarre allo

    Motif Tator "Paqbarre Allo"
    Barre artinya “bulatan”, dan allo artinya “matahari”. Ukiran jenis ini menyerupai bulatan matahari dengan pancaran sinarnya dan biasanya ada di salah satu bagian belakang atau depan rumah di bawah ukiran paqmanuk londong yang berbentuk segitiga. Ukiran ini dimaknai sebagai ilmu pengetahuan dan kearifan yang menerangi layaknya matahari.

    Paqkapuq baka

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paqkapuq Baka"
    Kapuq artinya “ikatan” dan baka artinya “bakul” atau “keranjang”. Motif ukiran ini menyerupai ikatan pada penutup bakul (tempat menyimpan pakaian) yang bagi orang Toraja dianggap sakral. Jika ikatan bakul berubah, dipercaya bahwa ada yang mencuri pakaian di dalamnya. Ukiran ini dimaknai sebagai harapan agar keturunan senantiasa bersatu dan senantiasa hidup damai dan sejahtera.

    Paqkadang pao

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paqkadang Pao"
    Nama ini berarti “kait mangga”. Oleh Karena itu, ukiran ini berbentuk seperti kait penjolok yang digunakan untuk mengambil mangga. Ukiran ini dimaknai bahwa untuk mengaitkan harta benda ke rumah harus dengan cara yang jujur dan perlu kerjasama di lingkungan keluarga atau masyarakat.

    Paqsulan sangbua

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator Paqsulang Sangbua"
    Sulan berarti “sulam” atau lipatan seperti tembakau sirih. Oleh karena itu, ukiran ini mirip sulaman tembakau sirih dan dimaknai sebagai lambang kebesaran bangsawan Toraja.

    Paqbulu londong

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator"Paqbulu Londong"
    Kata londong berarti “ayam jantan” sehingga ukiran ini menyerupai rumbai bulu ayam jantan. Ukiran ini dimaknai sebagai lambang keperkasaan dan kearifan laki-laki atau pemimpin.

    Paqtedong

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paqtedong"
    Tedong berarti “kerbau”. Ukiran ini menyerupai tanduk kerbau dan dimaknai sebagai lambang kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat semua dan keluarga.

    Paqtangko pattung

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paqtangko Pattung"
    Istilah Paqtangko pattung berarti menyerupai paku bambu yang biasa digunakan untuk mengaitkan tiang bangunan. Ukiran ini melambangkan kebesaran bangsawan Toraja dan lambang persatuan yang kokoh seperti paku bambu.

    Paqtangkiq attung II

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paqtangkiq Attung II"
    Motif Tana Toraja jenis ini merupakan pengembangan dari Paqtangko pattung. Motif ini terdiri dari 4 bundaran benda seragam dan membentuk angka 8 sebangun, yang bila dijumlah menjadi 16, sama dengan 1+6=7. Angka 7 merupakan angka sakral bagi orang Toraja sesuai dengan falsafah aluk saqbu pitu ratuq pitung pulo pitu (Seribu Tujuh Seratus Tujuh atau 7777). Ukiran ini merupakan lambang kebersamaan dan kekeluargaan Toraja.

    Paqtanduk reqpe

    Motif Tana Toraja
    "Paqtanduk Reqpe"
    Tanduk reqpe berarti “tanduk yang menggelayut ke bawah seperti ranting pohon yang keberatan buah”. Ukiran yang menyerupai tanduk kerbau ini melambangkan perjuangan hidup dan jerih payah

    Paqpolloq gayang

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator"Paqpolloq Gayang"
    Polloq artinya “ekor”, sedangkan gayang artinya “keris emas”. Ukiran yang menyerupai rumbai ekor penghias keris emas bangsawan Toraja ini melambangkan kebesaran, kedamaian, dan kemudahan rejeki.

    Paqulu gayang

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paq Ulu Gayang"
    Ulu artinya “bagian kepala” dan gayang artinya “keris emas”. Ukiran jenis ini menyerupai bagian kepala keris emas dan melambangkan perjuangan dalam mencari harta, terutama emas.

    Paqbombo uai i I

    Motif Tana Toraja
    "Paq Bombo Uai"
    Dalam hal ini, bombo berarti “binatang air yang melayang di atas air bagaikan angin”. Ukiran ini merupakan gambaran manusia yang harus bekerja cepat, tepat waktu, displin, dan terampil.

    Paqbombo uai i II

    Ukiran ini sama dengan Motif Tator Paqbombo uai i I diatas,  namun lain bentuk. Garis-garisnya agak besar dan lengkungannya jelas.

    Paqkollong buqkuq

    Motif Tana Toraja
    Paq Kollong Bukku
    Istilah ini berarti “leher burung tekukur”. Ukiran ini bentuknya menyerupai leher tekukur dan melambangkan kejujuran.

    Paqulu karua

    Motif Tana Toraja
    Paq Ulu Karua
    Ulu karua berarti “kepala delapan” yang mengacu pada mitos bahwa leluhur orang Toraja ada delapan 8 orang. Oleh Karena itu, ukiran ini menyerupai angka 8 dan melambangkan ilmu pengetahuan.

    Paqmanik-manik

    Motif Tana Toraja
    Paq Manik-manik
    Seperti namanya Motif Tator yang satu ini berbentuk manik-manik, hiasan tradisional Toraja. Ukiran ini dimaknai sebagai harapan agar anak cucu Toraja selalu hidup rukun.

    Paqsekong kandaure

    Motif Tana Toraja
    Paq Sekong Kandaure
    Ukiran ini berbentuk lengkung lingkar yang berlekuk-lekuk. Ukiran ini dimaknai sebagai harapan agar seluruh keturunan Toraja hidup berbahagia.

    Paqsekong anak

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator " Paq Sekong Anak"
    Istilah ini berarti lengkungan bayi ketika masih ada di rahim ibu. Ukiran ini berbentuk demikian juga dan dimaknai sebagai perlambang kejujuran dan keterbukaan.

    Passekong dibungai.

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paq Sekong diBungai"
    Ukiran jenis ini hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja lingkarannya diberi hiasan bunga-bunga. Ukiran ini menyerupai segi empat sama sisi yang ujungnya tersembunyi di bagian tengah. Ukiran ini dimaknai sebagai perlambang bahwa seseorang harus bisa menjaga rahasia.

    Paqsepuq torong kong

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paq Sepuq Torongkong"
    Ukiran ini menyerupai sulaman pundi tempat sirih. Torong kong digunakan untuk menyebut suku bangsa Rongkong yang masih serumpun dengan orang Toraja. Ukiran ini dimaknai sebagai semangat persatuan kedua suku.

    Paqsalaqbiq biasa

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator " Paq Salaqbiq Biasa"
    Ukiran ini berbentuk pagar rumah yang terbuat dari bambu. Hal ini dimaknai sebagai perlambang sikap kehati-hatian dari segala kemungkinan ancaman.

    Paqsalaqbiq ditoqmokki

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paq Salabiq Ditoqmokki"
    Ukiran ini memiliki bentuk yang sama dengan sebelumnya, hanya saja pagar bambu dibuat lebih besar. Bentuk ini dimaknai sebagai harapan agar anak cucu terhindar dari segala wabah penyakit dan marabahaya lainnya.

    Paqtalinga

    Motif Tana Toraja
    Motif Tator "Paq Talinga"
    Talinga artinya telinga. Ukiran ini dimaknai sebagai peringatan agar manusia menggunakan telinganya dengan benar.

    Paqbokoq komba kaluaq

    Motif Tana Toraja
    Paq Bokoq Komba Kaluaq
    Ukiran ini menyerupai hiasan pada gelang emas dan manik-manik yang dipakai saat upacara adat. Ukiran ini dimaknai sebagai perlambang kewibawaan dan kebesaran kaum bangsawan Toraja.

    Paqerong

    Motif Tana Toraja
    Paq Erong
    Erong adalah peti untuk menyimpan tulang-belulang orang Toraja yang wafat. Erong ada yang berbentuk kepala kerbau atau babi. Ukiran ini dimaknai sebagai harapan agar arwah leluhur menjaga dan memberkahi rejeki.

    Paqsiborongan

    Motif Tana Toraja
    Paq Siborongan
    Borongan berarti “bekerja secara berkelompok”. Tradisi ini diwujudkan menjadi ukiran di rumah-rumah orang Toraja yang berbentuk seperti bunga-bunga yang mekar. Ukiran ini sebagai lambang semangat persatuan dan kekerabatan.

    Paqdoti siluang I

    Motif Tana Toraja
    Paq Doti Siluang I
    Ukiran ini merupakan repersentasi dari ilmu hitam dan kerbau. Ukiran ini biasanya terdapat pada pembungkus mayat perempuan dan dimaknai sebagai lambang keanggunan perempuan.

    Paqdoti siluang II

    Motif Tana Toraja
    Paq Doti Siluang II
    Ukiran ini berupa segi empat kecil dan besar yang bertanda silang di tengahnya. Ukiran ini biasa terdapat di rumah adat Toraja atau pada pembungkus mayat perempuan. Makna ukiran ini sebagai lambang hati-hati jika mendengar kabar dari perempuan.

    Paqreopo sangbua

    Motif Tana Toraja
    Paq Reopo Sangbua
    Ukiran ini berbentuk garis siku-siku serong yang berlapis-lapis, sebagai representasi dari gerakan tari melipat lutut. Bentuk ukiran ini biasa ditemukan di dinding lumbung adat dan dimaknai sebagai semangat kebersamaan dan gotong-royong.

    Paqpolloq songkang

    Motif Tana Toraja
    Paq Polloq Songkang
    Ukiran jenis ini berbentuk segi empat yang dibagi dalam segitiga kecil. Bentuk ini merupakan representasi dari bambu yang biasa digunakan untuk memerah susu. Oleh orang Toraja, ukiran ini dimaknai sebagai lambang kebesaran dan kemampuan bangsawan Toraja.

    Paqpapan kandaure

    Motif Tana Toraja
    Paq Papan Kandaure
    Ukiran ini berbentuk segi empat besar dan bermakna harapan menjadi rumpun keluarga besar yang bersatu.

    Paqsalaqbiq dibungai

    Motif Tana Toraja
    Paq Salaqbiq diBungai
    Bentuk ukiran ini berupa sebilah bambu yang dibuat bersilang-silang dan ujungnya runcing. Ukiran jenis ini terdapat di rumah adat Toraja dan dimaknai untuk penangkal bahaya.

    Sumber : Melayu Online

    { 6 komentar... read them below or Comment }

    1. Salut sama authornya yang ternyata orang Palembang tapi bahkan membagikan budaya dari Toraja:)

      BalasHapus
    2. Bagus saya suka artikel ini

      BalasHapus
    3. Selamat Datang Abang-Murai
      ABANG MURAI adalah sebuah nama untuk Penangkaran Burung Kicau yang sedang saya
      kembangkan secara bertahap sejak tahun 2007 dengan harapan lebih maju lagi kedepannya.Berawal dari sekedar hobi melihara burung kicau,saya membeli sepasang burung kicau/murai batu medang sambil belajar cara ternak/penangkaran akhirnya saya bisa sampai ke tahap ini.Di harapkan kepada sahabat komunitas kicau mania agar dapat bersama-sama membudi dayakan burung kicau di bumi nusantara ini dan bukan hanya sekedar penghobi burung kicau.
      Keterangan Penting :

      * Burung kicau yang kami perjual belikan 100% dalam kondisi sehat tanpa cacat fisik.
      * Setiap pemesanan/pembelian akan di sertai surat izin peternakan dan bukti pembelian.
      * setiap pemesanan/pembelian akan kami berikan gratis vitamin plex drops untuk menjaga kesehatan burung (pemakaian 1 bulan untuk 2 ekor burung) dan buku panduan cara perawatan burung kicau.

      * Kami juga melayani pemesanan/pengiriman ke seluruh wilayah indonesia.
      * Gratis ongkos kirim untuk seluruh wilayah indonesia
      * Pemesanan di kirim melalui karantina bandara (Kargo Lion Air) / jasa travel PT. Herona Express (Pengiriman Kereta Api).

      Whatsapp Me
      Baca Juga
      Selamat Datang Abang-Murai
      KETERANGAN :
      *Burung kicau yang kami perjual belikan 100% dalam kondisi sehat tanpa cacat fisik.
      *Setiap pemesanan/pembelian akan di sertai surat izin peternakan dan bukti pembelian.
      *setiap pemesanan/pembelian akan kami berikan gratis vitamin plex drops untuk menjaga kesehatan burung (pemakaian 1 bulan untuk 2 ekor burung) dan buku panduan cara perawatan burung kicau.
      *Kami juga melayani pemesanan/pengiriman ke seluruh wilayah indonesia.
      *Pemesanan di kirim melalui karantina bandara (Kargo Lion Air)
      / jasa travel PT. Herona Express (Pengiriman Kereta Api).( AMAN & TERPERCAYA )
      1. Sistem Pembayaran untuk Burung Sebelum Dikirim Harus Lunas
      2. Pengiriman Untuk Area Jawa Menggunakan Herona Express Dan Burung Langsung di antarkan kerumah Pembeli oleh pihak kurir.
      3. Kami bisa lakukan pengiriman melalui Cargo karantina Bandara… Jasa Pengiriman:
      1). Sriwijaya
      2). Lion Air
      3). Herona Expres
      4). Kereta Api Trimakasih atas kepercayaan anda.
      (AMAN & TERPERCAYA)
      Untuk Pemesanan Luar Daera /Perovensi
      BONUS sangkar + kerodong.
      Free ongkir luar daerah
      Hp: 082347045559
      Online 24Jm
      Tida Perna Kami Ganti

      Untuk Pemesanan Luar Daera /Perovensi
      Ketik Fotmat#
      Nama Lengkap#
      Alamat Lengkap#
      No Identitas/Ktp#
      Perovensi/Kota#
      Jenis Burung#
      Harga#
      Berapa Ekor#
      Nomor Hp#Kirim Ke: 082347045559

      WA: 082347045559

      Terima Kasih Atas Kunjungannya-Salam Kicau Abang Murai

      BalasHapus
    4. Aki purwo melayani riktual seluruh indonesia/Luar negri,

      Semua problem anda bisah aki atasi dengan kemampuan ilmu aki yang sangat sakti dan ampuh,

      1.Transfer janin

      2.Gugur janin

      3.Ingin punya anak

      4.Pemikat wanita

      5.Pemikat laki-laki

      6.Pelet

      7.Sewa tujul tampa sarat

      8.Uang goib

      9.Menikah sama jin

      10.Dana putih

      11.Menggandakan uang

      12.Pasang susuk

      13.Togel

      14.Pelaris usaha/Dangan

      15.DLL
      BACA JUGA:
      Guru Spiritual Terbaik 2021
      Izinkan Aki Membantu Anda Semua Dengan Angka Ritual Aki.
      Dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan.
      Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong/ Malaysia…Aki bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar.
      Dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Aki Hanya Memberikan Angka Ritual Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Aki .. Kunci Aki Berikan Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
      Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini.

      1. Di Lilit Hutang

      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel

      3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel

      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat
      Jangan Anda Putus Asa…

      Anda udah berada Di blog yang sangat Tepat..
      Aki akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Aki..
      Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja…
      Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual Dari Aki PURWO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% Silahkan Anda Hub : AKI PURWO WA : +6282190675589

      Adapun Besar Pergantian Biayanya tergantung Paket Yang kami berikan :

      1. PAKET 2D : RP.400.000

      2. PAKET 3D : RP.600.000

      3. PAKET 4D : RP.750.000

      4. PAKET 6D : RP.1.000.000

      Semua Biaya diatas tidak sebanding dengan angka yang kami berikan kepada anda…Tapi ingat setelah anda succes dengan angka ritual kami..sisikan sedikit buat orang yang membutuhkan nya…!!!
      Dan Untuk Bisa Mendapatkan semua Angka kami silahkan Anda :

      Call / Sms di nomer : 0821-9067-5589
      Gunung Sakti Manra Guna
      Jaminan 5x putaran gol berturut-turut
      Cuma 4 lubang tanpa BB
      Terimakasih atas kunjungan anda di web aki purwo.
      SALAM SUKSES/ https://akipurwotogel.blogspot.com

      BalasHapus
    5. Design makes an unavailable norm for understudies. They all need to be appealing and glitzy like the big names on TV or in magazines thus they invest a great deal of energy and cash just to develop a decent impact on individuals around them. Nonetheless, they IN simwetrust to say something more often than not that prompts a low confidence.

      BalasHapus
    6. pa' barre allo salah gambarnya

      BalasHapus

  • Copyright © 2013 - Unbreakable Machine Doll - Harajuku Shina - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan