• Posted by : Robbi Syahputra 19 Okt 2013

    Jacksen dan RD - VIVA
    Seputar Timnas - Akhir tahun ini timnas Indonesia tidak akan memiliki stok pelatih lagi. Baik untuk di level timnas senior, ataupun timnas U-23. Pasalnya, kebersamaan pelatih Jacksen Ferreira Tiago dan Rahmad Darmawan dalam jajaran kepelatihan bakal berakhir Desember mendatang. PSSI pun mulai mencari penggantinya.

    Maklum, PSSI tidak memberikan kontrak jangka panjang kepada kedua pelatih yang membesut tim beda level itu. Untuk Jacksen, statusnya sebagai pelatih di timnas senior sudah berakhir usai pertandingan kelima ketika timnas senior menghadapi Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 19 Nopember mendatang.

    Praktis, Jacksen tinggal menyisakan dua laga lagi. Selain menghadapi Irak, timnas senior masih harus melawan Tiongkok, 15 Nopember nanti. Jika Jacksen sudah tinggal kurang dari satu bulan lagi, maka RD "sapaan akrab Rahmad Darmawan " masih cukup lama. Maksimal, RD menangani timnas U-23 hingga berakhirnya SEA Games, 22 Desember mendatang.

    PSSI melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Joko Driyono mengatakan, pihaknya sudah memiliki ancang-ancang untuk menentukan penggantinya. "Sudah, kami sudah memikirkan pergantian itu dan kami baru akan mengambil langkah begitu kontrak kedua pelatih itu berakhir," ujar Joko ditemui di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10).

    Secara terbuka, Joko menyatakan bahwa pihaknya bukan hanya sebatas memikirkan perubahan itu. Melainkan sudah sampai pada tahap menyiapkan calon-calon yang bakal menjadi pengganti Jacksen ataupun RD. Hanya, pria yang juga menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia itu tidak bersedia membeberkannya.

    Untuk calon pemegang kursi panas pelatih di timnas senior, banyak rumor yang beredar nama Alfred Riedl bakal kembali menjadi arsitek timnas Merah Putih. Setidaknya untuk pertandingan terakhir dalam babak Prakualifikasi Piala Asia 2015 menghadapi Arab Saudi, 5 Maret 2014 mendatang.

    "Nanti pasti akan kami umumkan siapa pelatihnya. Yang jelas terbuka semua kemungkinan, entah itu pelatih asing ataupun lokal. Untuk sekarang ini, kami tegaskan bahwa PSSI tidak akan menghalangi jika Jacksen atau RD untuk melakukan ikatan kerja sama dengan pihak lain," imbuhnya.

    Setelah pertandingan menghadapi Irak nanti, Jacksen dikabarkan bakal semakin serius menatap kepindahannya ke salah satu klub kontestan China League One (kasta kedua liga Tiongkok), Tianjin Songjiang. Sementara RD banyak dihubungkan dengan klub debutan Indonesia Super League (ISL), Persebaya. (jawapos)

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Unbreakable Machine Doll - Harajuku Shina - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan