• Posted by : Robbi Syahputra 21 Jul 2013

    Ahmad Bustomi - VIVA
    Seputar Timnas - Indonesia XI menampilkan formasi yang sangat berbeda ketika mereka menghadapi Liverpool di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 20 Juli 2013. Pelatih Indonesia XI, Jacksen F Tiago, memasang empat gelandang untuk menjadi jangkar di lini tengah tim.

    Raphael Maitimo, M. Taufiq, dan Ahmad Bustomi, bertugas untuk memutus aliran bola dan menjaga kedalaman pertahanan di lini tengah. Sedangkan Vendri Mofu, diplot menjadi penghubung serangan ke lini depan timnas.

    Strategi ini terbukti cukup efektif. Beberapa kali, Indonesia XI mampu mengancam gawang Liverpool. Titus Bonai tampil sangat garang dengan sprint-sprint pendeknya.

    Sedangkan Sergio van Dijk mampu mendapatkan ruang tembak yang cukup terbuka untuk melakukan sepakan jarak jauh. Di pertengahan babak pertama, Sergio bahkan mampu mengancam gawang Simon Mignolet. Sayang, bola masih melebar ke sisi kanan mistar gawang.

    Kinerja empat gelandang di lini tengah ternyata mampu membuat para bek sayap tampil lebih percaya diri. Hasim Kipuw serta Ruben Sanadi berkali-kali melakukan overlap. Dan ketika ada serangan balik, dengan cepat gelandang-gelandang tersebut langsung menutup ruang kosong yang ditinggalkan mereka.

    "Ini adalah hasil evaluasi. Saya melihat ada potensi yang bisa dimaksimalkan dari dua laga uji coba sebelumnya. Dan ini adalah upaya serius kami untuk memperbaiki tim," kata Jacksen.

    Pada laga itu, Boaz Solossa justru dicadangkan. Untuk masalah ini, Jacksen memiliki alasan khusus. "Kondisi kesehatannya kata tim dokter tidak memungkinkan. Jadi kami jaga kondisi dia dulu," ungkap pelatih asal Brasil ini.

    "Pemain lebih percaya diri. Sebenarnya itu kunci dari permainan kami," sambung dia.[viva]


    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Unbreakable Machine Doll - Harajuku Shina - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan